info seputar teknologi dan bisnis

Rabu, 07 Juni 2017
Berlangganan

Berikut Solusi Saat Motor Terkena Genangan Air


Kadang tanpa di sengaja, saat melintasi jalan raya khususnya pada musim penghujan banyak mengakibatkan motor terkena genangan air. Dimana ini akan mengakibatkan kerusakan pada mesin secara berlanjut. Mungkin jika terkena hanya sesekali sih, tidak jadi masalah. Namun persoalannya adalah jika sudah terkena genangan air beberapa kali akan mengakibatkan kerusakan pada bagian mesin. Sebagai pemilik motor, kamu harus tahu cara yang tepat untuk mengatasi ataupun mengantisipasi persoalan tersebut.

Kejadian paling berbahaya yang bisa ditimbulkan yaitu, motor macet secara tiba-tiba. Bisa dibayangkan jika di tengah perjalanan motor mengalami kemacetan tentu akan menimbulkan permasalahan. Kamu bisa jatuh di genangan air, atau bila macet saat kecepatan tinggi bisa berakibat tabrakan dengan pengguna jalan lainnya. Untuk itu ada baiknya jika kamu mengetahui akibat yang ditimbulkan bila motor terkena genangan air, baik karena hujan maupun banjir. Sehingga jika sudah mengetahui permasalahannya, untuk menemukan solusi yang tepat juga akan semakin mudah.

Biasanya untuk kasus motor yang terkena genangan air, permasalahan utamanya adalah air masuk ke dalam komponen CVT, sehingga dapat mengakibatkan putaran pada Drive Pully bermasalah.  Efek yang ditimbulkan yaitu berdampak pada mesin.  Dimana mesin tetap menyala dan berputar hanya saja tidak dapat bergerak / berputar dengan cepat (slip) untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang karena  tertahan oleh air sehingga operasional  mesin menjadi ngeden (mesin tidak bertenaga). 

Jika kamu menghadapi persoalan ini, langkah termudah yang bisa segera kamu lakukan adalah mengeringkan air yang telah masuk. Bisa menggunakan kain lap ataupun sejenisnya, untuk memudahkan kendaraan agar mesin dapat berfungsi kembali. Sebab, ketika air yang masuk ke dalam CVT sudah kering mesin akan berputar normal karena tidak ada hambatan yang menahannya. Sedangkan permasalahan yang kedua yaitu biasanya timbul suara kresek-kresek pada bagian knalpot. Hal ini bisa diantisipasi dengan melakukan pengecekan lebih lanjut di area tersebut, karena pada saat melewati genangan bisa saja ada sesuatu yang masuk ke area ini, sehingga ketika kipas berputar akan bergesekan dan menimbulkan bunyi.

Jadi, waspada bila kamu melintas di jalan yang ada genangan airnya ya. Jangan nekat, jajaki dulu kedalaman air genangan. Apakah aman untuk melintas atau tidak. Jika tidak, ada baiknya kamu cari alternatif jalur lain, atau bila tak ada tunggu sejenak hingga air surut. Hal ini lebih baik daripada kamu terjebak di tengah genangan, bukan?